Langsung ke konten utama

Nama Bayi Islami Milenial

Setelah menikah, kebanyakan pasangan mendambakan seorang buah hati untuk melengkapi kehidupan berumah tangga mereka. Ditambah, tidak sedikit orangtua dari pasangan yang ingin menimang cucu yang sudah lama mereka tunggu-tunggu.

Hadirnya buah hati disebut sebagai anugerah karena dapat melengkapi kebahagiaan dalam bahtera rumah tangga. Sebaliknya, terkadang ada juga pasangan yang tidak menginginkan turunan. Pasalnya, mereka biasanya menganggap bahwa mereka sudah cukup bahagia hidup berdua.





Setiap orangtua menginginkan nama terbaik untuk anak-anaknya. Para orangtua percaya jika nama adalah sebuah doa atau harapan yang ditujukan untuk buah hatinya. Dengan demikian, banyak orangtua, terutama pasangan muda yang brainstorming mencari inspirasi nama berserta arti dari nama bayi mereka dengan harapan kelak nama tersebut akan menuntun buah hati mereka sesuai dengan namanya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Liputan6.com, Selasa (8/1/2019) menyajikan 50 arti nama bayi islami laki-laki dan perempuan yang apik untuk buah hati Anda.

Arti Nama Bayi Laki-laki

1. Attar
Dalam bahasa Arab sendiri kata Attar berarti minyak esensial bunga.

2. Abizar
Abizar berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti menyebarkan.

3. Haidar

Dalam bahasa Mesir kuno, nama Haidar memiliki makna singa prajurit yang kuat dan gagah berani. Arti nama bayi ini diharapkan akan mencerminkan buah hati Anda.

4. Harun
Nabi Harun AS adalah saudara kandung Nabi Musa AS yang memiliki kemampuan untuk memimpin dan berbicara dengan baik serta setia. Sehingga diharapkan buah hati Anda kelak nantinya akan memiliki sifat demikian.

5. Khalid
Dalam ahasa Arab, Khalid memiliki arti keabadian, kuat, dan berani dalam menegakkan keadilan.

6. Nizami
Nama Nizami diambil dari penyair Persia bernama Nizami Ganjavi. Nizami tak hanya dikenal sebagai penyair romantis namun juga memiliki pengetahuan yang sangat luas dalam berbagai bidang seperti di ilmu eksak hingga botani.

7. Farabi

Al Farabi adalah filsuf dari Damaskus, Syria yang juga merupakan seorang ilmuwan. Sehingga kecerdasannya tak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu nama Farabi bisa memberikan pengaruh yang positif untuk buah hati Anda.

8. Razi

Nama ilmuwan muslim lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menamai buah hati adalah Razi dari nama Zakaria ar Razi asal Persia. Sedangkan dalam bahasa Arab, Razi memiliki arti kepuasan.

9. Sina
Ibnu Sina merupakan nama ilmuwan yang begitu terkenal dari Persia. Hidupnya beliau dedikasikan dalam bidang kedokteran, filsafat, serta pengobatan. Selain bermakna cerdas, Sina sendiri memiliki arti diberkahi dalam bahasa Latin.

10. Haitham
Nama ini diambil dari nama ilmuwan Arab, Ibnu Haitham yang menjadi ilmuwan pertama saat menjelaskan konsep penglihatan. Kemudian, dalam bahasa Arab yang bermakna elang muda yang tentu saja memiliki kesan gagah, kuat, dan pemberani.

11. Gibran

Gibran dalam bahasa Arab berarti yang terpandai. Sehingga diharapkan buah hati Anda menjadi anak yang pandai.

12. Rafa

Rafa dalam bahasa Arab berarti bahagia, kaya raya. Diharapkan buah hati Anda menjadi kaya dan bahagia. Bukan sekadar kaya harta, tapi juga kaya hati.

13. Anfa

Karena nama adalah doa, maka Anda bisa menamai buah hati dengan kata Anfa yang dalam bahasa Arab berarti harga diri.

14. Hajid
Anda bisa memberi nama buah hati dengan Hajid yang memiliki arti seseorang yang rajin berdoa di malam hari dan dalam Islam hal ini berarti rajin melakukan shalat tahajud.

15. Kamayel
Nama Kamayel memang terdengar unik. Artinya juga indah yakni utuh, tanpa cela, dan sempurna.

16. Zayan
Nama Zayan termasuk nama bayi laki-laki Islami yang modern dan memiliki makna indah. Dalam bahasa Arab, nama ini memiliki makna keindahan dan keramahan.

17. Rafay

Nama Rafay dalam bahasa Arab memiliki arti ditinggikan derajatnya. Penyematan nama ini pun bermaksud agar buah hati Anda tumbuh menjadi orang yang diangkat derajatnya.

18. Tsabit
Pernahkah Anda mendengar nama Tsabit bin Qurra? Beliau merupakan nama ahli astronomi, fisika, matematika, dan penerjemah dari Arab. Oleh karena itu tak diragukan lagi bahwa pemberian nama ini menjadi doa agar anak Anda tumbuh menjadi sosok yang cerdas.

19. Rumi

Nama Rumi memang mengambil dari nama Jalaludin Rumi, seorang penyair sufi yang begitu tersohor. Memberikan nama ini akan mendoakannya tumbuh sebagai anak yang cerdas, berpandangan luas, namun selalu ingat akan Tuhan seperti Rumi.

20. Jafar

Secara etimologi dalam bahasa Arab, nama Jafar memiliki arti anak sungai. Kemudian nama Jafar juga diambil dari nama tokoh astronom dan ahli matematika muslim dari Persia yakni Abu Jafar Muhammad. Sehingga pemberian nama ini menjadi doa agar buah hati Anda tumbuh menjadi seseorang yang selalu dialiri ilmu pengetahuan dan beragam nilai positif lainnya.

21. Danish
Nama Danish sering digunakan dalam bahasa Persia dengan makna luas yakni pengetahuan dan kebijaksaan.

22. Irtiza
Nama ini berasal dari bahasa Arab yang berarti menyenangkan atau kesayangan. Sehingga diharapkan buah hati bisa bertumbuh menjadi anak yang menyenangkan dan disayang banyak orang.

23. Arsenio Akbar
Artinya laki-laki kuat besar yang gagah berani.

24. Ehud Azel
Artinya seorang laki-laki yang bersatu dalam kebaikan

25. Zain Hamizan
Artinya anak laki-laki tampan yang kuat laksana mahkota raja.

26. Alaika
Alaika sebenarnya berasal dari bahasa Arab yang kemudian diserap dalam bahasa Indonesia dan memiliki kedamaian. Sehingga semoga nama ini menjadikan buah hati pembawa kedamaian dalam hidup.

27. Nur Annansya Aina
Arti nama bayi ini adalah cahaya penuh kasih sayang mata yang cantik. Arti nama bayi ini akan sangat bagus jika Anda pilih untuk buah hati Anda.

28. Nur Almira Auni
Nama ini berarti cahaya putri lemah lembut dan ketenangan.

29. Nisrina Misha
Arti nama bayi ini adalah bunga mawar putih yang harum semerbak atau bahagia selamanya

30. Abigail
Nama Abigail sendiri terdengar cantik. Dan ternyata nama ini berarti sumber kebahagiaan dalam bahasa Ibrani.

31. Aina Marissa
Artinya: Memiliki mata yang cantik/seseorang yang bersopan santun

32. Maryan Eiliya

Nama ini berarti nama ibu nabi Isa yang cantik, kedamaian dan dicintai Allah.

33. Maryam Alisha
Nama ini berarti Ibu Nabi Isa yang dilindungi Tuhan.

34. Samaira Atiqa

Seorang yang menawan dengan kecantikan. Samaira Atiqa sepertinya cocok untuk nama bayi Anda.

35. Ismia Sahanna
Artinya Penjaga keselamatan atau perlindungan

36. Nuha
Nuha cocok dijadikan sebagai nama bayi perempuan bernafaskan Islami sebab nama ini memiliki arti kecerdasan, akal budi, atau kemampuan untuk berpikir.

37. Noureen Mikayla
Artinya: Cahaya, kasih sayang, semangat, pengetahuan dan keindahan/pemberian Allah

38. Qanita
Kata yang muncul di dalam Alquran surat Al-Ahzab ayat 35 ini memiliki makna taat atau orang yang shalih. Sehingga diharapkan penggunaan nama ini akan membuat buah hati Anda tumbuh menjadi wanita yang shalihah.

39. Noureen Falisha
Artinya: Cahaya, kasih sayang, semangat, pengetahuan dan pendidikan/menyenangkan

40. Nazneen Faiha
Artinya: Cantik/banyak kelebihan

41. Nur Aimal Rizqiyya
Artinya : Cahaya/harapan/kebaikan yang diturunkan

42. Irdina Sofia

Kehormatan kami, kebijakan, keberkatan yang menawan

43. Maya Zuyyina Alisha
Artinya: Puteri yang dihiasi keindahan dan dilindungi Tuhan

44. Mahdeya Amani Sofea
Artinya: yang mendapatkan hidayah atau cita-cita, ketenanganku, keinginan, kesejahteraanku atau kemewahan.

45. Nurida Fatini
Artinya: Cahaya pertolongan Allah/kebijakan

46. Nuraisha Faidha

Artinya: Wanita yang hidup bahagia/manfaat

47. Marsha Aisy Sofea
Artinya: Subur/kaya/menawan

48. Filzah Eiliya
Artinya: Belahan jiwa yang cantik penuh kedamaian dan dicintai Tuhan

49. Izzatunisa Syiffa
Artinya: Anak yang mempunyai kemuliaan diri/ kebaikan

50. Ifra Mikayla
Nama ini berarti anugerah Allah yang memberi kebahagian.

Itulah 50 arti nama bayi islami laki-laki dan perempuan yang bisa anda catat untuk calon buah hati. Semoga menginspirasi.

berbagai sumber
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3865606/50-arti-nama-bayi-islami-laki-laki-dan-perempuan-bisa-jadi-inspirasimu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Girls & Boy Islamic Name

A Abir (abeer - fragrance) Adiba (adeeba - civilised / cultured) Afaf (afaaf - purity/modesty) Afia (aafiya-vigour/vitality) Afifa (afeefa-honest, upright) Ahlam (ahlaam - dreams) Amal (hope) Amira (ameera - princess) Anbar (ambar - camphor) Areej (fragrance) Arwa (satisfied, pleasant, fresh) Azhaar (flowers) Azizah (azeeza - dear / powerful) Azra (azraa - virgin - used for Maryam/Mary) A BOYS BABY NAME Aazad (free, independent - Persian word) Aban (abaan-more clear) Abbad (abbaad-great worshipper) Abbas (abbaas-name of the Prophet's uncle) Adib (adeeb - cultured, civilised) Affan (affaan-name of Caliph Uthman's father) Ajwad (better) Allam (very knowledgeagble) Almas (diamond) Amir (aamir-thriving, prosperous) Ammar (ammaar-great builder) Aniq (neat, elegant, smart) Antar (name of Arab hero of chivalry) Arwarh (more delicate, more gracious) Ashraf (more noble) Asif (aasif-describer) Asil (aseel-genuine, pure) Asir (captivating, fascinating) Askari (soldier) Awwab (awwaab-gr

M - Z (Islamic Boy Name )

M Nama Anak Arti Nama Anak Laki-Laki Maajid Rafiq Khathir : Kawan akrab yang mulia dan lekas mengerti Maajid : Mulia Rafiq : Kawan akrab Khathir : Lekas mengerti Madani Mabruk : Kota yang diberkahi Madani : Kota yang beradab Mabruk : Yang diberkahi Madih Khalid : Perbuatan terpuji yang abadi Madih : Perbuatan yang patut dipuji; yang bisa dipercaya Khalid : Abadi; langgeng; gelar Allah SWT Madidul Bashar : Yang luas pandangannya Madid : Yang panjang yang terbentang Bashar : Penglihatan; pandangan Maghfur Halim : Orang santun yang diampuni dosanya Maghfur : Yang diampuni dosanya Halim : Sabar; santun; kalem; toleran Mahbub Junaidi : Tentara kecil tercinta Mahbub : Yang tercinta; yang terkasih Junaidi : Bentuk kecil dari Tentara; tentara kecil; serdadu kecil Majid Fakhri : Bangsawan yang terhormat dan berkedudukan tinggi Majid : Ter